Klaim Asuransi Mobil tidaklah sulit.

Juragan baru saja memesan unit mobil baru. Setelah proses demi proses, mobil datang mengaspal ke rumah juragan, siap serah terima mobil baru juragan yang indah dan sedap dipandang mata.

Di suasana kesenagan juragan, jangan abaikan yang satu ini. Asuransi mobil anda. Kenapa? Ini adalah salah satu tools untuk mengcover sisi negatif yang mungkin akan terjadi dengan mobil anda, maupun supir kelak di hari mendatang. “Mari membaca dengan baik”

Asuransi Mobil

Apa itu asuransi?

adalah jenis asuransi khusus kendaraan, di mana resiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dialihkan di tanggungkan biaya tersebut kepada perusahaan asuransi.

Asuransi ada 2 jenis (All risk dan TLO). Pengertiannya.

Asuransi All risk/Comprehensive:

Arti indonesia “Segala Resiko” adalah pihak asuransi akan membayar ganti rugi yang terjadi di mobil anda, mulai dari lecet ringan sampai parah, hilang, rusak berat akan di alihkan pertanggungannya kepada pihak asuransi. Perlu di perhatikan, rusak berat terhadap mesin beda loh.. ini mengacu terpisah ke warranty mesin mobil tersebut, atau biasa disebut dari pihak dealer “garansi Mesin” jadi gunakan dan klem sesuai fungsi masing-masing.

Artikel Menarik Terkait  Xpander Menunjukkan Kinerja baik dalam segi kenyamanan

Asuransi TLO:

Artinya indonesianya “Hanya Kehilangan” berarti klaim hanya jika terjadi kehilangan, jika mobil hilang atau rusak parah mulai dari 75%.

“Rate bunga antara ke dua jenis asuransi diatas jelas berbeda. Rate bunga All risk lebih besar dari Rate bunga TLO”

Truk bisa asuransi All risk dan TLO. Jadi pilihlan sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan juragan.

Ada juga sub asuransi yang mengcover pihak ke tiga, misalnya korban di jalan. Yang mana korban tersebut bisa di asuransikan (Point yang satu ini “mintalah ke pihak asuransi terkait”)

Siapkan Payung Sebelum Hujan

Semua perusahaan asuransi, sikap, kebijakan dan ketentuan layanan berbeda-beda. Maka untuk itu disarankan di saat juragan di survey dari pihak dealer maupun leasing/financial, alangkah baiknya juragan berdiskusi tentang asuransi. Lebih jelasnya jika juragan sudah menerima Polis asuransi terkait, baca dengan seksama (Hak-hak juragan sebagai pemegang polis) dan cari tau bengkel-bengkel atau dealer resmi mana saja yang cover asuransi juragan, dan jika memungkinkan langsung telepon ke kantor pihak asuransi terkait. Sangat banyak pemilik mobil dimana setelah terjadi kecelakaan baru mencari-cari informasi dari sales mobil, cek internet, atau tlpon ke asuransinya, ujung-ujung si pemilik mobil jadi panik. jangan sepelekan tips yang satu ini. Maka itulah sebabnya siapkan payung sebelum hujan.

Artikel Menarik Terkait  Aplikasi Runner

 Asuransi Mobil

Cara klaim asuransi yang tepat.

  1. Buat dokumentasi di TKP, foto atau video (Ini sangat penting)
  2. Laporkan dulu ke pihak aparat polisi setempat kejadian TKP (Minta surat keterangan)
  3. Siapkan dokumen yang di TKP tadi dan juga dokumen indentitas anda dan mobil anda
    1. Foto Copy SIM dan STNK (Wajib masih dalam kondisi berlaku)
    2. Foto Copy Polis Asuransi yang di terima sebelumnya (Bawa semua nya)
  4. Langsung telepon ke Call Center Pihak asuransi anda. (Jangan menunggu ntar aja bahkan besok aja)
    1. Setelah melakukan ini, juragan akan banyak mendapatkan informasi kelanjutannya apa dan bagaimana.
    2. Sampai disini juragan sudah benar melakukan langkah-langkah yang tepat ke pihak perusahaan asuransi.

Selanjutnya ke dealer resmi maupun bengkel rujukan pihak asuransi.

Setelah melakukan point-point penting diatas, saat nya menghubungi pihak yang di rujuk. Jika juragan sudah punya No. Tlpon nya segera langsung di hubungi. Jika belum Cari No. Tlpon dealer resmi atau bengkel yang di rujuk oleh asuransi atau bisa juga juragan lihat di lampiran polis asuransi.

Artikel Menarik Terkait  Mengenal Understeer Atau Oversteer

Usahakan menelpon dulu sebelum langsung ke dealer, pastikan apa2 saja yang di butuh dealer tersebut nantinya. Jika ada tambahan siapakan lah. (Umumnya pihak dealer atau bengkel yang di rujuk langsung menyuruh juragan langsung datang saja).

Hanya itu saja semua urusan beres. Jika bertanya berapa lama mobil juragan di rawat? itu bisa di tanyakan ke pihak yang merawat mobil juragan. Tergantung dari situasi penyakit kerusakan mobil, kondisi dealer (Ketersediaan Spare Part, Antrian dan lain sebagainya) dan juga di pengaruhi oleh bagaimana sistematis MoU pembayaran antara kedua belah pihak.

Asuransi Mobil

Jadi disimpulkan asuransi mobil itu sangat sangat lah penting sekali. Banyak terjadi fakta di lapangan sana. Jika mereka membeli mobil secara Tunai mereka mengabaikan tools asuransi ini.

Note: Pertanyaan dan Jawaban dari semua isi artikel ini ada dan dijelaskan secara lengkap dan akurat di Surat Polis Asuransi anda.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here